Servant Leadership di Penerbangan: Systematic Literature Review

Authors

  • Priyandhika Hanievan Zaqiya Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Sri Rahayu Surtiningtyas Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.61510/skyeast.v2i1.25

Keywords:

kepemimpinan yang melayani, penerbangan, tinjauan literature sistematis

Abstract

Servant leadership telah diakui sebagai komponen penting dalam meningkatkan kinerja di dunia industri. Tinjauan literature sistematis ini bertujuan untuk mensintesiskan penelitian yang ada tentang servant leadership di bidang penerbangan, dengan fokus pada dampaknya terhadap karyawan, hasil, dan kinerja organisasi secara keseluruhan. Review ini menyoroti korelasi positif antara servant leadership di antara karyawan industri penerbangan, serta hubungannya dengan peningkatan kepuasan, retensi, dan keterlibatan karyawan. Penelitian ini juga menggarisbawahi peran servant leadership dalam pengembangan industri penerbangan, di mana para pemimpin memprioritaskan kesejahteraan bawahan dan konsumen. Temuan ini menunjukkan bahwa servant leadership sangat efektif di lingkungan berisiko tinggi seperti di industri penerbangan, di mana sifat pekerjaan yang dinamis menuntut pemimpin yang dapat beradaptasi dan merespons situasi yang terus berubah. Kajian ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang melayani dalam industri penerbangan, di mana para pemimpin menjadi model perilaku etis dan bermoral, memberdayakan karyawan, serta memprioritaskan pertumbuhan dan kesuksesan mereka.

References

Agustini Srimulyani, V., & Budi Hermanto, Y. (2021). Yang Melayani: Studi Kasus Alumni Pkp Bpsdm Provinsi Dki Jakarta Tahun 2020 Servant Leadership Behavior: Case Study of Pkp …. Jurnal Dinamika Manajemen, 13(2), 202–220. https://scholar.archive.org/work/pjawwsw27facbhajzpwlbabjoa/access/wayback/https://ejournal-bpsdm.jakarta.go.id/index.php/monas/article/download/68/34

Alafeshat, R., & Tanova, C. (2019). Servant leadership style and high-performance work system practices: Pathway to a sustainable jordanian airline industry. Sustainability (Switzerland), 11(22). https://doi.org/10.3390/su11226191

Fitriyana, B. M., Sihotang, B., Pamungkas, C. I. D. F., & Wahyuni, S. (2022). Key To a Successful Leadership of Tony Fernandes in Airasia. Business Review and Case Studies, 3(2), 131–137. https://doi.org/10.17358/brcs.3.2.131

García-Peñalvo, F. J. (2022). Developing robust state-of-the-art reports: Systematic Literature Reviews. Education in the Knowledge Society, 23, E28600. https://doi.org/10.14201/eks.28600

Ilkhanizadeh, S., & Karatepe, O. M. (2018). Does trust in organization mediate the influence of servant leadership on satisfaction outcomes among flight attendants? International Journal of Contemporary Hospitality Management, 30(12), 3555–3573. https://doi.org/10.1108/IJCHM-09-2017-0586

Indonesia, P. R. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Penerbangan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 086085, 1–110. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176355/PP_Nomor_32_Tahun_2021.pdf

Kalbuana, N. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSONIL PENERBANGAN PADA PELAYANAN JASA KEBANDARUDARAAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN BANDAR UDARA. 2(1), 57–65.

Kelleher, H. (2018). Leadership Analysis: Southwes Airlines.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. 240–243. https://doi.org/10.1145/3328905.3332505

Kitchenham, B. A., Mendes, E., & Travassos, G. H. (2007). Cross versus within-company cost estimation studies: A systematic review. IEEE Transactions on Software Engineering, 33(5), 316–329. https://doi.org/10.1109/TSE.2007.1001

Kurniawan, D. A. (2019). MENELUSURI JEJAK AWAL PENERBANGAN DI INDONESIA (1913-1950-AN. Physical Review, 80(113), 580–594.

Lakatua, I. R. (2016). Studi Hermeneutika Tipe Kepemimpinan Emirsyah Satar di PT Garuda Indonesia Indonesia (Persero) Tbk. AGORA Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 186–191.

Melhem, Y. S. B., Ababneh, R. I., & Alsukkar, H. B. (2023). Servant Leadership and Job Performance: Evidence From Airline Companies in Jordan. International Journal of Business and Society, 24(1), 523–542. https://doi.org/10.33736/ijbs.5632.2023

Pawar, A., Sudan, K., & Sunarsi, D. (2020). Organizational Servant Leadership: A Systematic Literature Review for Implications in Business. International Journal of Educational Administration, Management, and Leadership, 1(2), 63–76.

Sari, S., Kurniawan, H., & Okfrima, R. (2023). Peran Servant Leadership Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Pegawai Pemerintahan Kota. Psyche 165 Journal, 16(1), 8–13. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i1.217

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Slamet, L. (2006). Potensi dan dampak polusi udara dari sektor penerbangan. Lapan, 7, No. 2, 31–36. http://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/view/706

Syafei, I., Said, L. B., & Adri. (2022). Analisis Persepsi Kepuasan Pengguna Transportasi Udara pada Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar. Jurnal Flyover (JFO), 2(1), 21–28.

Utama, B. D. (2021). Perkembangan Industri Penerbangan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 6(2), 213–223. https://doi.org/10.33701/jipsk.v6i2.1901

Vatankhah, S., Fejes, O. F., Karatepe, O. M., & Nosrati, S. (2023). Fly green: environmentally specific servant leadership and its impact on green performance outcomes. Current Issues in Tourism, November, 1–16. https://doi.org/10.1080/13683500.2023.2288664

Wardana, F. G., & Rojuaniah, R. (2023). Dampak Keberlanjutan Organisasi Dan Lingkungan Terhadap Keberlanjutan MSDM Pada Maskapai Penerbangan Di Indonesia. Jurnal Pengabdian kepada …, 4(4), 5133–5139. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1881%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1881/1640

Wibowo, T. B. A. (2020). EFEKTIFITAS PROGRAM SERVANT LEADERSHIP. 11(1), 1–10.

Downloads

Published

2024-06-30